Tulisan 1
Apa itu Manajemen ?
Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja
bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
Dalam
mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam, ada yang
mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dan lain
sebagainya. Bila dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dapat dilihat
dari tiga pengertian :
1. manajemen
sebagai suatu proses
2. manajemen
sebagai suatu kolektivitas manusia
3. manajemen
sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).
Manajemen
sebagai suatu proses, melihat bagai mana cara orang untuk mencapai suatu tujuan
yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Manajemen
suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu sekumpulan dari orang-orang yang
bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan
orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung
jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen
disebut manajer.
Manajemen
sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan
dengan prinsip-prinsipdari manajemen.
Dari
definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua
sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga
kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
terlebih dahulu.
Jenis-jenis Manajemen
A. Manajemen
Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh
sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana
sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja
bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun
bertambah.
1. Kompetensi
Umum
a. Seleksi
b. Penilaian
kinerja
c. Perencanaan
karir
2. Kompetensi
Khusus
a. Staffing
b. Evaluasi
kinerja
c. Pelatihan
d. Pengembangan
e. Reward
& recognition
B. Manajemen
Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa
sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya
dapat diwujudkan.
1. Kompetensi
umum
a. ahli
pemasaran internasional
b. manajemen merk
c. sistem
informasi pemasaran
d. pemasaran
internet
e. pemasaran
relasional atau pemasaran jasa.
2. Kompetensi
Khusus
a. Komunikasi
Pemasaran
b. Kebijakan
Harga
c. Peramalan
Penjualan
d. Statistika
Bisnis
e. Manajemen
Pembelian & Penjualan
f. Bisnis
Eceran
g. Manajemen
Pemasaran,
C. Manajemen
Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan
produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan
konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan
lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
1. Kompetensi
Umum
a. Memahami
sistem produksi
b. Memahami
proses material handling
c. Menerapkan
Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
d. Kompetensi
Khusus
e. Memahami
perkembangan manajemen produksi
f. Memahami
penentuan lokasi pabrik
g. Menyusun
tata letak peralatan pabrik
h. Memahami
perencanaan produk
i. Memahami
rancang bangun proses produksi
j. Memahami
teknik pemeliharaan
k. Memahami
perencanaan kebutuhan material
Apa itu kepemimpinan ? Banyak
definisi kepemimpinan yang menggambarkan asumsi bahwa kepemimpinan dihubungkan
dengan proses mempengaruhi orang baik individu maupun masyarakat. Dalam kasus
ini, dengan sengaja mempengaruhi dari orang ke orang lain dalam susunan
aktivitasnya dan hubungan dalam kelompok atau organisasi. John C. Maxwell
mengatakan bahwa inti kepemimpinan adalah mempengaruhi atau mendapatkan
pengikut.
Beberapa
pendapat tentang kepemimpinan :
1. Ordway
Tead (1935)
Kepemimpinan adalah
aktifitas mempengaruhi orang- orang agar mau bekerja sama untuk mencapai
beberapa tujuan yang mereka inginkan.
2. Refter
(1941)
Kepemimpinan adalah
sesuatu kemampuan untuk mengajak atau mengarahkan orang orang tanpa memakai
pembawa atau kekuatan formal jabatan atau keadan luar .
3. G.
L. Freeman atau E. K. Taylor (1950)
Kepemimpinan adalah
kemampuan untuk menciptakan kegiatan kelompok
mencapai tujuan organisasi sehingga efektifitas maksimum dan kerjasama
dari tiap-tiap individu.
4. Ralp
M. Stogdill
Kepemimpinan adalah
proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan sekelompok orang yang terorganisir dalam
usaha mereka menepatkan tujuan dan mencapainya
5. Franklyn
S. Haiman (1951)
Kepemimpinan adalah
suatu usaha untuk mengarahkan prilaku orang lain guna mencapai tujuan khusus.
6. Dubin
(1951)
Kepemimpinan adalah
menggunakan wewenang dan membuat keputusan- keputusan
7. Fred
E. Tiedler (1967)
Kepemimpinan adalah proses
mempengaruhi aktivitas kelompok untuk menentukan tujuan dan mencapainya.
8. Harold
Koontz dan Cyrill O. Ddonnell (1976)
Kepemimpinan adalah
seni membujuk bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan- pekerjaan mereka dengan
semangat keyakinan.
9. Keith
Devis (1977)
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk
mengajak orang lain untuk mencapai tujuan tertentu dengan penuh semangat.
10. Paul
Hersey dan Kenneth H. Blanchard (1982)
Kepemimpinan adalah proses
mempengaruhi kegiatan individu atau kelompok dalam situasi tertentu .
Atas
dasar itu dapatlah disimpulkan bahwa :
Kepemimpinan
adalah : Rangkaian kegiatan penatan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku
orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
Abdul, Mukhyi, Muhammad, Pengantar Manajemen UmumI, Edisi pertama cetakan kedua, Universitas Gunadarma, Jakarta, 1995
Nama : Adila Hadaina Arifin
Kelas : 3PA 03
NPM : 10511193
Nama : Adila Hadaina Arifin
Kelas : 3PA 03
NPM : 10511193
No comments:
Post a Comment