Thursday, November 29, 2012

Penggunaan Teknologi Internet dalam Bidang Ilmu Psikologi


Internet merupakan salah satu fasilitas yang dapat memudahkan manusia untuk melakukan segala kegiatannya. Internet memiliki berbagai dampak positif bagi manusia, salah satunya dalam bidang ilmu pendidikan. Dengan adanya internet, kita tidak hanya dapat saling berbagi informasi, namun juga dapat saling berbagi berbagai ilmu satu dengan yang lain khususnya pada bidang Psikologi.


Sebagai salah satu media dalam bidang pendidikan, internet dapat memberikan manfaat, yaitu:
  • Sebagai media interpersonal dan massa yang berkaitan erat dengan bidang Psikologi
  • Bersifat interaktif
  • Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupunasinkron

Hal tersebut memungkinkan para pelajar ataupun orang yang berkaitan dalam bidang Psikologi untuk melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas. Internet menunjang para pelajar bidang Psikologi yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Mereka yang sama-sama berkaitan dengan dunia Psikologi tetap dapat berkomunikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail,mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai media diskusi, dimana pakar atau pengajar dan orang-orang tersebut akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metode tersebut mampu menghilangkan jarak mereka anatar satu dengan yang lain. Suasana yang hangat dan nonformal padamailing list ternyata menjadi cara diskusi, pembelajaran, dan berbagi ilmu Psikologi yang efektif.


Beberapa manfaat internet dalam dunia Psikologi antara lain :

  • Arus informasi mengenai Psikologi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat
  • Memudahkan pengguna untuk mendapatkanresource Psikologi yang lengkap
  • Aktivitas pembelajaran mengenai ilmu Psikologimeningkat
  • Daya tampung orang-orang yang terlibat dalam duniaPsikologi meningkat
  • Meningkatkan learning outcomes Psikologi baik kuantitas maupun kualitas
  • Membantu upaya pengembangan ilmu dan pemaksimalan dalam aplikasi ilmu Psikologi
Salah satu contoh penerapan internet dalam bidang Psikologiyaitu E-counseling (E-mail Counseling). Internet menawarkan proses Psikoterapis yang menggunakan media komunikasi yang baru, melalui media tersebut mereka dapat memberikanintervensi PsikoterapiE-counseling merupakan pelayananintervensi Psikologi yang dilakukan melalui internet, dimana proses terapi terlebih dahulu dilakukan, kemudian menyusun rencana dalam melakukan intervensi Psikologi secara face-to-faceE-counseling membantu terapis mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya.

                  http://murkelefaud.wordpress.com/2012/08/08/penerapan-teknologi-dalam-bidang-psikologi/


Nama : Adila Hadaina Arifin
Kelas : 2 PA 02
NPM : 10511193

No comments:

Post a Comment